9 Pelembab Bibir Alami yang Ampuh Atasi Bibir Kering

9 Pelembab Bibir Alami yang Ampuh Atasi Bibir Kering


Pelembab bibir alami bisa menjadi solusi rumahan untuk atasi bibir kering. Selain mudah ditemukan di dapur rumah, pelembab bibir alami pun aman digunakan.

Meskipun tidak boleh dijadikan pengobatan utama bibir kering, tidak ada salahnya mencoba beberapa pelembab bibir kering yang mudah ditemukan di dapur maupun halaman.

Pelembab bibir alami yang mudah ditemukan di rumah
Biasanya, lip balm menjadi solusi yang paling dapat diandalkan dalam mengatasi bibir kering. Namun, jangan lupakan berbagai pelembab bibir alami yang sudah disediakan oleh alam.

Walaupun tidak boleh dijadikan sebagai pengganti pengobatan medis, pelembab bibir alami tetap patut dicoba karena mudah ditemukan dan aman digunakan.

Namun,sebelum mengoleskan pelembab bibir alami, Anda disarankan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir terlebih dahulu, misalnya dengan menggunakan scrub khusus bibir. Sebab, keberadaan sel kulit mati akan menghambat proses pelembapan bibir kering Anda.

Setelah sel-sel kulit mati terangkat, barulah Anda boleh mencoba pelembap bibir alami ini.

1. Lidah buaya
Kandungan gel yang ada di dalam daun lidah buaya mengandung berbagai macam vitamin, mineral, antioksidan, dan segudang komponen antiperadangan, yang bisa mengembalikan kelembapan bibir kering.

Pelembab bibir alami yang satu ini juga sangat mudah ditemukan. Coba saja oleskan gel lidah buaya ke bibir kering, untuk mengembalikan kelembapannya.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa
Minyak kelapa sebagai pelembab bibir alami
Minyak kelapa tidak hanya dianggap ampuh sebagai pelembab bibir alami, tapi juga mampu mencegah bakteri dan peradangan datang.

Carilah minyak kelapa murni, kemudian oleskan sedikit ke bagian bibir yang kering. Lakukan sebanyak yang dibutuhkan selama menjalani hari-hari Anda.

3. Madu
Madu
Madu sebagai pelembab bibir alami
Madu adalah pelembab bibir alami, yang mudah ditemukan di dapur. Selain mengandung antioksidan dan antibakteri, madu dianggap sangat ampuh menjadi pelembab bibir kering.

Madu juga efektif dalam mencegah datangnya infeksi, sehingga bibir kering pun dapat dicegah hingga ke akarnya.

4. Timun
Buah yang sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia ini ternyata bisa menjadi pelembap bibir alami, karena kandungan vitamin dan mineralnya. Tidak hanya mengatasi kekeringan, timun juga dipercaya mampu memperbaiki penampilan bibir.

5. Teh hijau
Diperkaya dengan antioksidan, teh hijau ternyata juga bisa menjadi pelembab bibir alami. Apalagi, teh hijau mengandung polifenol yang bisa mengatasi peradangan, baik di bibir maupun bagian tubuh lainnya.

Seduh teh hijau dengan air hangat, kemudian oleskan secara perlahan ke bagian bibir yang kering. Selain melembapkan, teh hijau pun ampuh dalam melembutkan kulit bibir.

6. Mentega alpukat
Mentega yang terbuat dari alpukat juga bisa menjadi pelembab bibir alami. Sebab, mentega alpukat mengandung berbagai asam lemak yang penting, seperti asam linoleat dan oleat. Selain itu, mentega alpukat juga mudah diserap oleh kulit.

7. Lilin lebah
Lilin lebah atau beeswax dianggap ampuh menjadi pelembab bibir alami. Ada berbagai produk kecantikan yang mengandung lilin lebah, dan bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering.

Selain itu, menurut jurnal Evidance-Based Complementary and Alternative Medicine, lilin lebah mengandung hidrokarbon, asam lemak, dan komponen antibakteri lainnya yang bisa mencegah peradangan. Itulah sebabnya lilin lebah dipercaya bisa memberikan hasil yang memuaskan untuk bibir kering dan pecah-pecah.

8. Minyak zaitun
Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata minyak zaitun juga dipercaya menjadi pelembab bibir alami karena kandungannya. Namun, belum ada banyak studi yang bisa membuktikan keampuhan minyak zaitun dalam melembapkan kulit.

9. Tomat
Tomat adalah buah yang sering digunakan untuk mengatasi bibir kering, sekaligus melembapkan bibir. Sebab, tomat mengandung vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan dalam memerangi kerusakan sel kulit.

Oleskan saja tomat ke bagian bibir, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan bibir dengan air untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sumber: sehatq.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3